Peran R&D bertugas melakukan formulasi untuk pengembangan produk baru maupun reformulasi dari produk existing yang ada karena faktor perubahan bahan baku yang ada mapun penyesuaian struktur hpp. Selain itu juga menyusun SOP, dan melakukan kerjasama lintas divisi sehingga tercipta suatu produk yang berkualitas baik dengan harga yang sesuai.
Kerjasama antara R&D dan divisi lain meliputi yaitu :
1. R&D dengan Produksi
- Proses transfer formula R&D dari skala laboratorium ke skala produksi.
- Memastikan formula diproses produksi dan hasil akhirnya berjalan sesuai (antara lab scale dan produksi).
- Memeriksa bahan baku dan metode sudah sesuai untuk produksi skala besar.
Parameter :
Tersedianya dokumentasi proses (SOP), laporan trial batch, evaluasi hasil trial produksi.
2. R&D dengan QA/QC (Quality Control)
- Metode pengujian produk yakni parameter mutu (spec bahan baku, produk antara, dan produk
jadi).
- Pengujian stabilitas produk dan kontrol kualitas.
- Verifikasi produk yang sesuai standar sebelum dilepas ke pasar.
Parameter :
Parameter QC, hasil uji stabilitas, dan laporan analisis QC, standar mutu terkait regulasi yang ada misal BPOM.
3. R&D dengan Sales dan Marketing
- Menyerap kebutuhan pasar terhadap suatu produk yang akan dikembangkan (trend, preferensi konsumen, dan
harga).
- Mendapatkan feedback dari pasar untuk pengembangan produk baru atau
reformulasi.
- Memberikan informasi teknis untuk membantu sales memahami produk.
- Menerima masukan dari pelanggan terkait performa produk.
Parameter :
Prototipe produk, laporan riset pasar, komunikasi terkait klaim produk, Informasi teknis produk, lembar spesifikasi produk, dan training sales.
4. R&D dengan Purchasing
- Pengadaan bahan baku dan kemasan sesuai kebutuhan formulasi.
- Menyediakan alternatif bahan baku jika ada kendala pasokan atau biaya.
Parameter
Spesifikasi bahan baku dan kemasan, vendor approval.
5. R&D dengan Finance
- Menentukan harga pokok produksi (HPP) yang optimal.
- Analisis cost-efficiency formulasi.
Parameter :
Kalkulasi biaya formulasi dan data pendukung harga produk.
Catatan penting lainnya adalah R&D haruslah kreatif dan tidak mudah menyerah
dalam mengembangkan dan mencari formulasi untuk produknya. R&D juga
harus bisa menjaga kerahasiaan seluruh formulasi produk yang dimiliki perusahaan.
Catatan ISA - Tukang Minuman