Langsung ke konten utama

7 Cara Tambahkan Rasa Umami pada Masakan Anda

detail berita


okefood.com, RASA kelima, yang disebut umami atau rasa gurih, telah digunakan oleh para koki Jepang selama sekitar 1.200 tahun. Rasa kelima sulit untuk digambarkan, namun tidak seperti asin, asam, manis atau pahit

Sementara, kata "umami" sendiri digunakan untuk menggambarkan rasa ini dalam banyak bahasa. Kata ini juga telah digambarkan sebagai "gemuk", "panggang", atau hanya "lezat" oleh para koki di China.

Rasa umami dibuat dari makanan yang menggabungkan glutamat dan nukleotida. Ada banyak cara baru untuk membuat rasa ini melalui fermentasi ikan, daging, sayur. Rasa ini bisa dimasukkan ke berbagai masakan Anda, seperti pasta, salad, dan saus. Simak beberapa cara untuk mengaktifkan rasa umami pada masakan Anda, seperti dilansir dari Wikihow.

Taburkan 113 gram keju parmesan di atas pasta
Terdapat sekitar 0,42 ons (12 gram) glutamat di dalam 113 gram keju parmesan. Ini akan menambah rasa gurih yang seimbang dengan pahit atau manisnya pasta Anda.

Gunakan ikan teri
Ikan teri kaya glutamat. Anda bisa menambahkannya pada berbagai hidangan, misalnya caesar salad. Tambahkan ikan teri bersama dengan sayuran, crouton, dan dressing salad untuk memberikan rasa ekstra.

Anda juga dapat membuat atau membeli mentega umami untuk ditempatkan di atas beef steak, unggas, ataupun ikan. Mentega umami dapat dibuat dengan mencampurkan ikan teri tumbuk dengan mentega.

Anda dapat meningkatkan saus pasta dengan menambahkan ikan teri tumbuk pada saus atau tomat yang telah diblender ketika membuat saus tomat sendiri. Garam dan minyak di dalam ikan teri akan meningkatkan rasa pada sayuran dan buah.

Beberapa bumbu untuk hidangan AsiaTambahkan kecap manis, kecap ikan, atau rumput laut serbuk pada resep hidangan Asia. Bumbu-bumbu tersebut mampu mengaktifkan rasa umami, yang dapat ditambahkan saat atau setelah memasak.

Buat dari sup miso
Sup miso dapat dibuat dari kaldu dashi, yang juga kaya umami. Caranya, panaskan air, tambahkan rumput laut dan taburan tuna fermentasi. Anda dapat membeli miso untuk campuran sup di toko-toko bila bahan aslinya sulit ditemukan di pasar.

Tambahkan kacang hijauTambahkan bahan ini ke piring untuk menambah rasa umami alami pada masakan Anda. Kacang hijau mengandung kadar tinggi glutamat dan dapat ditambahkan sebagai lauk atau ke dalam casserole atau lasagna untuk menciptakan rasa gurih alami dan rendah sodium.

Beri jamur matang atau keringSalah satu cara paling umum untuk melakukan ini adalah dengan menambahkan minyak truffle putih atau hitam di atas sebuah piring atau dalam saus.

Gunakan pasta umamiBeli pasta umami untuk digunakan dalam kombinasi casserole atau hidangan pasta. Pasta umai biasanya terbuat dari jamur, tomat, keju parmesan, cuka, dan minyak zaitun hitam. Anda dapat menggunakannya dengan cara berikut:
- Anda dapat menggunakan pasta umami sebagai bumbu. Berikan sedikit pada burger atau sandwich. Anda juga bisa mencampurnya ke dalam saus cocolan dan mayones.
- Beri pasta umami pada daging, unggas, ataupun ikan, seperti saat Anda menaburkan garam. Rasa ini akan meresap ke dalam daging melalui proses memanggang atau metode memasak lainnya. Juga bisa ditambahkan pada casserole, risotto, saus pizza, saus pasta, sup, dan rebusan.

Tips
Banyak orang menganggap monosodium glutamat menjadi cara termudah untuk menambahkan rasa umami pada masakan. Ini dibuat dari ekstrak rumput laut yang difermentasi dari tetes tebu dan gula bit, yang mengandung natrium sekitar 12 persen dan 78 persen asam glutamat. Ada beberapa perdebatan tentang apakah monosodium glutamat benar-benar dianggap umami dan apakah itu baik untuk kesehatan secara keseluruhan.
(ftr)

http://www.okefood.com/read/2013/12/26/304/917791/7-cara-tambahkan-rasa-umami-pada-masakan-anda

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Bread Improver dan Para Pemainnya

Sebelum tahun 1950, proses pembuatan adonan yang amat populer adalah menggunakan metode sourdough dan sponge and dough yang membutuhkan waktu 12-24 jam dalam proses fermentasi. Proses pembuatan roti di jaman moderen menuntut kecepatan karena waktu semakin berharga dan cakupan wilayah distribusi semakin luas, yang berarti kapasitas produksi semakin besar. Maka proses fermentasi semakin pendek bahkan ada istilah no time dough untuk menjelaskan singkatnya waktu fermentasi. Untuk itu diperlukan bahan yang membantu kinerja pengembangan roti agar maksimal dalam waktu fermentasi yang maksimal yang dikenal dengan nama bread improver. Ada dua alasan utama dalam mengaplikasikan bread improver dalam adonan yang menggunakan yeast, yaitu untuk mendukung kerja yeast dalam memproduksi gas (CO²) dalam masa fermentasi dan menjaga kestabilan kandungan gas di dalam adonan yang berperan juga dalam menentukan cita rasa, kestabilan volume dan shelf life adonan setelah dipanggang. Dalam Bread Improver

Resep Liang Teh & Cara Masaknya

  Bahan bahan liang teh bisa didapatkan di toko obat china yang menjual jamu2 tradisional, jika dijakarta bisa ditemukan didaerah glodok. Biasanya bahan bahan tersebut sudah dalam 1 paket.    Berikut bahan-bahannya untuk membuat Liang Teh : 1. Mesona Palustris (Cincau Hitam/Grass Jelly Drink) / sienchau (xiancao) Ekstrak daun cincau hitam memiliki kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi yang berasal dari golongan flavonoid, polifenol, maupun saponin. Menurut penelitian (Nurdyansyah dan Widyansyah (2017) yaitu ekstrak daun cincau hitam memiliki nilai IC50 66,67 ppm serta total fenol sebesar 829,7 ppm. Nilai IC50 tersebut membuktikan bahwa tanaman cincau hitam berpotensi sebagai bahan pangan fungsional yang mampu sebagai antioksidasi dalam tubuh akibat paparan senyawa radikal bebas. Berdasarkan review yang berjudul Beneficial Effect of Mesona palustris BL: A Review on Human and Animal Intervention terbukti bahwa cincau hitam memiliki kandungan antioksidan. Selain itu, pangan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS AIR

  Air memiliki karakteristik fisika, kimia dan biologis yang sangat mempengaruhi kualitas air tersebut. Oleh sebab itu, pengolahan air mengacu kepada beberapa parameter guna memperoleh air yang layak untuk keperluan domestik terutama pada industri minuman. 1. Faktor Fisika  Faktor-faktor fisika yang mempengaruhi kualitas air yang dapat terlihat langsung melalui fisik air tanpa harus melakukan pengamatan yang lebih jauh pada air tersebut. Faktor-faktor fisika pada air meliputi:   A. Kekeruhan Kekeruhan air dapat ditimbulkan oleh adanya bahan-bahan anorganik dan organik yang terkandung dalam air seperti lumpur dan bahan yang dihasilkanoleh buangan industri.   B. Temperatur Kenaikan temperatur air menyebabkan penurunan kadar oksigen terlarut. Kadar oksigen terlarut yang terlalu rendah akan menimbulkan bau yang tidak sedap akibat degradasi anaerobic ynag mungkin saja terjadi.   C. Warna Warna air dapat ditimbulkan oleh kehadiran organisme, bahan-bahan tersuspensi yang berwarna dan